Apa Itu Server Minecraft?

Anda dapat memainkan Minecraft, game tersebut, sebagai pemain tunggal atau dalam lingkungan multipemain. Jika Anda ingin bermain multipemain, yang perlu Anda lakukan adalah terhubung ke komputer melalui Internet atau jaringan lokal. Komputer lain yang akan Anda sambungkan dikenal sebagai Server Minecraft. Mari kita tahu lebih banyak.

Server lain yang akan Anda masuki ada di sana untuk membantu pemain memainkan game dengan pemain lain. Server ini mungkin melayani puluhan ribu pemain secara bersamaan.

Jika Anda ingin terhubung ke server ini, yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke pengaturan Multiplayer dari menu game dan tekan opsi “Tambah Server”. Anda harus memberikan nama yang Anda inginkan serta alamat. Di sini, sebaiknya gunakan nama domain alih-alih alamat IP karena alamat IP terus berubah dan dapat menyebabkan kebingungan di masa mendatang.

Saat ini, Minecraft memungkinkan Anda untuk menginstal perangkat lunak untuk server Minecraft. Dan untuk ini, Anda juga tidak perlu mendapatkan akun Minecraft. Tetapi masalahnya adalah sebagian besar server menjalankan versi aplikasi khusus, seperti Spigot. Aplikasi ini memungkinkan plugin khusus yang menawarkan berbagai fitur. Fitur-fitur ini memungkinkan permainan dan izin khusus.

Anda juga dapat memulai server Anda sendiri di kamar Anda. Orang-orang akan memainkan game di server Anda. Namun, jika Anda ingin orang-orang dari belahan dunia lain bermain game dengan Anda, kami sarankan Anda membuka port 25565.

Di sini Anda perlu berhati-hati. Segera setelah Anda memilih untuk publik, server Anda akan rentan terhadap peretas juga. Mereka mungkin masuk ke server Anda dengan niat buruk. Jadi, pastikan Anda mengikuti petunjuk yang diberikan di bawah ini jika Anda ingin berada di sisi yang aman.

1. Lebih baik mengizinkan hanya teman Anda di awal. Namun, itu juga akan berisiko karena mereka dapat membagikannya dengan seseorang yang mereka kenal. Tapi itu tidak akan berisiko seperti berbagi dengan seluruh dunia.

2. Cara lain adalah dengan membuat “daftar putih” agar orang-orang tertentu dapat terhubung. Tidak ada yang akan dapat terhubung ke server Anda kecuali orang-orang di daftar putih. Jadi, ini adalah cara mudah untuk berada di sisi yang aman.

3. Anda dapat membuat cadangan reguler. Bahkan, Anda harus membuat cadangan secara teratur. Ini akan membantu Anda memulihkan semuanya jika terjadi bencana. Idealnya, lebih baik membuat cadangan setiap jam.

Singkat cerita, jika Anda tertarik bermain Minecraft dengan teman atau pengguna lain dari seluruh dunia, kami sarankan Anda mengikuti saran yang diberikan dalam artikel ini. Ini akan membantu Anda menyiapkan server selain menjaga keamanan server Anda setiap saat. Setelah itu, Anda tidak ingin merusak data penting game Anda, terutama jika Anda telah menyiapkan server besar untuk ribuan pemain.